Home > JATENG RAYA > Aksi Untuk Rohingya Dipindah dari Borobudur

Aksi Untuk Rohingya Dipindah dari Borobudur

MAGELANG – Aksi solidaritas terhadap tragedi yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar, dipastikan akan dipindah. Semula, renananya aksi akan digelar di sekitar Candi Borobudur. Namun usai kesepakatan pihak Polres Magelang dengan penyelenggara aksi, maka lokasi aksi dipindah ke Masjid An-Nur, Sawitan, Mungkid. Sekitar tiga kilometer dari Candi Borobudur.
Aksi akan diganti dengan kegiatan Salat Jumat, doa bersama dan penggalangan dana untuk korban Rohingya. “Sudah ada kesepakatan dengan pihak penyelenggara,” demikian Wakapolres Magelang, Kompol Heru Budiharto di kantornya, Selasa (5/9).
Dikatakan Heru, hingga saat ini pihak penyelenggara aksi belum mengajukan izin kegiatan di Candi Borobudur. Namun demikian, Polres bersama Forkompimda tetap melakukan antisipasi dan persiapan. Sekitar 3.000 personel polisi disiagakan. Terdiri dari personel gabungan Polres Magelang, Polda Jateng, personel dari eks wilayah Kedu, Semarang, Yogyakarta dan Klaten.
“Sesuai arahan dari Kapolda Jateng, aksi damai yang rencananya akan di gelar di Candi Borobudur tidak diperbolehkan. Sebab candi Borobudur merupakan warisan budaya dunia. Kami sudah beritahukan kepada pihak penyelenggara dan mereka mau memahami,” lanjut Kompol Heru. Pihaknya berupaya agar aksi tidak mengarah ke kegiatan bersifat orasi. Melainkan dengan doa bersama.
Rencananya, aksi tersebut akan dihadiri ribuan umat muslim dari berbagai daerah, di Jawa Tengah. Sebagai persiapan pengamanan, akan dilakukan gelar pasukan di Mapolres Magelang pada Kamis (7/9). (MJ-24)

Ini Menarik!

1 Sura, Ribuan Warga Kendal Rebutan Nasi Bungkus

KENDAL – Ribuan warga dari sejumlah daerah saling berdesakan dan berebut nasi sura dalam peringatan Haul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *