Beranda JATENG RAYA Kaget! Ratusan Pejabat Magelang Ditest Urine

Kaget! Ratusan Pejabat Magelang Ditest Urine

30
0
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang Ir Sri Retno Murtiningsih menyerahkan urine kepada petugas kesehatan dalam tes urine mendadak yang diinisiatori Badan Kesbanglinmas, Kamis (31/8). (foto:metrojateng.com/ch kurniawati)

 

MAGELANG – Ratusan pejabat struktural esselon II hingga IV di lingkungan Pemeritah Kota Magelang kaget, karena mendadak harus menjalani tes urine pada, Kamis (31/8). Mereka tak menyangka, sebab mereka mulanya berkumpul memenuhi undangan pengarahan dari Walikota Magelang Sigit Widyonindito, di Ruang Adipura Kantor Pemerintah Kota Magelang. Setelah pengarahan usai, mendadak pintu di tutup dan mereka harus menjalani tes urine.
“Ya enggak tahu kalau ada tes urine. Undangannya hanya pengarahan dari walikota, tahu-tahu tes urine,” kata Kepada Dinas Pertanian dan Pangan, Sri Retno Murtiningsih, usai menjalani tes urine. Kendati begitu, dirinya tidak merasa takut, melainkan justru mengapresiasi kegiatan tersebut.
“Ya biar semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot bebas dari narkoba,” kata Retno.
Sementara itu, kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Magelang, Eri Widyio Saptoko menjelaskan, tes urine memang dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkotika di lingkungan ASN Pemerintah Kota Magelang. Muaranya adalah agar ASN bisa melayani masyarakat dengan baik.
Menurutnya, narkoba bisa menyasar siapa saja, termasuk ASN, TNI, Polri dan juga institusi lain serta masyarakat umum. “Karenanya agar masyarakat terbebas dari narkoba, maka harus dimulai dari aparatnya terlebih dahulu,” jelasnya.
Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Laboratorium kesehatan, Badan Kepegawaian, pelatihan dan Pendidikan (BKPP).
Dijelaskan, jumlah pejabat yang mengikuti test urine sebanyak 501 orang, terdiri dari  pejabat eselon II ada 29 orang, 104 pejabat eselon III dan dan 368 pejabat eselon IV. Mereka terdiri dari  288 laki-laki  dan perempuan sebanyak 212 orang. (MJ-24)