Balkondes Diharapkan Pacu Ekonomi Masyarakat

Mentri BUMN Rini S Sumarno saat berkunjung ke Balkondes di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Minggu (20/8). (foto:metrojateng.com/ch kurniawati)

MAGELANG – Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, keberadaan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di sekitar Borobudur diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk mendorong peningkatan perekonomian. Selain itu juga untuk  membantu meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Borobudur.

“Balkondes-balkondes yang ada di Borobudur memiliki potensi dan inovasi yang berbeda-beda. Semua itu tidak lepas dari semangat kepala desa masing-masing. Saya bangga dan senang dengan sinergi yang ditunjukkan oleh BUMN sehingga bisa terbangun Balkondes di Borobudur,” kata Rini saat mengunjungi Balkondes Karanganyar yang merupakan binaan dari BTN, Minggu (20/8).

Sementara itu, Direktur Utama PT BTN, Maryono mengatakan, para  perajin Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur kini dapat melakukan transaksi jual beli lebih mudah dan cepat dengan adanya Balkondes.

Hal itu setelah PT Bank Tabungan Negara (Persero) memberikan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi sekaligus pembangunan etalase online di Balkondes Desa Karanganyar. Mereka juga dilatih  program Quick Respon Code (QR Payment).

Menurutnya, keberadaan balkondes BTN di Desa Karanganyar menjadi ruang bagi para pengrajin untuk tidak sekadar unjuk gigi, namun juga mendapat edukasi untuk berkembang di era ekonomi digital saat ini.

Maryono mengatakan, tujuan pelatihan kepada pelaku usaha bertujuan untuk memanfaatkan teknologi informasi guna mendukung pemasaran produk ke seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia.

Pelatihan ini meliputi pembukaan akun e-dagang atau e-commerce, menciptakan nilai tambah pada produknya,  mengisi gerai online dengan foto produk yang layak jual, kemasan menarik, dan sebagainya di situs penjualan online atau e-commerce.

Jumlah perajin gerabah  yang mengikuti pelatihan sebanyak 80 orang. Mereka di bina di Balkondes Bank BTN. “Kami berharap bisa lebih aktif berjualan via online, sebab saat ini kontribusi transaksi e-commerce UMKM masih sangat rendah,”  ujar Maryono. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

42 + = 45

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.