Home > JATENG RAYA > 30 Warga Kalipancur Belum Mau Lepas Tanah, Pembangunan Jalan Tol Semarang – Batang Terhambat

30 Warga Kalipancur Belum Mau Lepas Tanah, Pembangunan Jalan Tol Semarang – Batang Terhambat

SEMARANG – Proyek pembangunan Jalan Tol Batang-Semarang pada akhir bulan ini terus dikebut. Petugas PT Tol Batang-Semarang di ruas seksi IV dan V Jalan Honggowongso Raya, Ngaliyan Semarang pun masih sibuk mengerjakan proses pengeprasan lahan.

Di lokasi proyek ruas Tol IV dan V Jalan Honggowongso Raya, pada Rabu siang (24/1), terlihat sejumlah truk katrol dikerahkan untuk membongkar rumah-rumah warga yang telah direlokasi. Setidaknya ada dua truk katrol yang tengah mengerjakan pembebasan lahan. Sebuah alat bor raksasa juga terus berderu melubangi tanah sebagai fondasi jalan tol. 

“Sekarang tahap pengeprasan dan pengeboran di Jalan Honggwongso. Kita sedang mengebut proyeknya, targetnya sekarang harus selesai. Tapi ternyata harus molor karena masih banyak yang komplain,” kata Yoga Saptamto, seorang Petugas Flegman pada proyek Tol Batang Semarang seksi Semarang IV dan V di lokasi proyek.

Ia mengatakan walaupun sudah ada sebagian rumah warga yang dirobohkan, namun, di Jalan Honggowongso Raya masih menyisakan sejumlah masalah.

“Karena hampir satu RT atau 30 kepala keluarga di sini belum dapat ganti untung,” kata Yoga.

Menurutnya ganti untung belum diterima warga karena mereka masih keberatan dengan nilai pembebasan lahan yang ada saat ini. Warga Honggowongso hanya menginginkan separuh lahan rumahnya yang dikepras.

Komplain juga diajukan warga Kalipancur Manyaran yang terkena pengeprasan lahan jalan tol. Di lokasi tersebut, kata Yoga justru ada sebanyak 30-40 kepala keluarga yang ngeyel tak mau pindah.

Penyelesaian masalah tersebut akan dilakukan secara musyawarah mufakat. Sehingga kedua belah pihak tak ada lagi yang dirugikan. “Uang ganti untungnya sudah ada tinggal diberikan kepada warga kalau sudah deal dengan besaran nilainya,” ujar Yoga. (far)

Ini Menarik!

Buka Kelas Industri, SMK 7 Didukung Bengkel Mini Bintrako Dharma

Share this on WhatsApp SEMARANG – Zaman sekarang hanya berbekal keterampilan saja tidak cukup bagi …

Silakan Berkomentar