3.000 Tenaga Kontrak Pemkot Solo Diusulkan Ikut Jaminan Ketenagakerjaan

SOLO – Sebanyak 3.000 tenaga kerja dengan perjanjian kerja (TKPK) di lingkup Pemkot Solo akan tercover Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Pemkot telah menganggarkan biaya iuran BPJS Ketenagakerjaan dalam APBD.

TKPK Pemkot Solo
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Solo, Suwilwan Rachmat dan Sekretaris Daerah Surakarta, Budi Yulistianto, menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada dua TKPK. Foto: metrojateng.com

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surakarta, Suwilwan Rachmat mengatakan, TKPK wajib ikut dua program terlebih dahulu, yakni jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Mengenai jumlah iuran untuk jaminan kecelakan kerja itu sebesar 0,2 persen dikali dengan gaji TKPK, dan jaminan kematian itu 0,3 persen dari gaji juga yang menjadi iuran,” kata Suwilwan Rachmat, di Royal Surakarta Heritage, Selasa (17/4).

Pendaftaran TKPK merupakan proses penahapan yang mengacu pada Peraturan Presiden RI Nomor 109 tahun 2013, tentang penahapan kepesertaan program jaminan sosial di Pasal 5. Salah satunya menerangkan bahwa pemberi kerja penyelenggara negara wajib mendaftarkan pegawai pemerintah non pegawai kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budi Yulistianto mengatakan jika Pemkot telah menganggarkan biaya iuran BPJS Ketenagakerjaan dalam APBD. Iuran tersebut akan dihitung dari besaran gaji yang diterima TKPK.

“Ini sudah kita sepakati bahwa temen-temen TKPK ini ya harus mendapatkan perlindungan, karena ya kalau terjadi kecelakaan artinya mereka sudah punya perlindungan. Pembayaaran premi dibayarkan dengan APBD, artinya sudah dialokasikan seluruhnya dengan APBD, kalau besarannya saya kurang ingat,”ujar Budi Yulistianto.

Tercovernya TKPK Kota Solo ini baru pertama kali dilakukan. Diharapkan ke depan semua daerah atau swasta yang mempekerjakan tenaga kontrak bisa mendaftarkan karyawannya ikut BPJS Ketenagakerjaan. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

34 + = 44

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.