Beranda JATENG RAYA 21.259 Personel Polda Jateng Siap Amankan Pilkada 2018 

21.259 Personel Polda Jateng Siap Amankan Pilkada 2018 

11
0
Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2018 di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. (foto: metrosemarang.com/Efendi)
SEMARANG – Sebanyak 21.259 Personel Polda Jawa Tengah siap melakukan pengamanan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2018 ini. Tak hanya itu, sebanyak 5.425 personel TNI serta 21.259 personel Linmas siap membantu melaksanakan pengamanan.
“Ini nanti sudah mulai setelah apel ini akan memplot keamanan dari polri ke kantor KPU, Kantor Bawaslu, terus Satgas-satgas juga sudah jalan, patroli dan sebagainya,” ujar Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono usai memimpin apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2018 di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Jumat (5/12).
Pilkada di wilayah Jawa Tengah sendiri akan digelar di 7 Kabupaten/kota serta pemilihan gubernur Jateng. Ke-7 Kabupaten/Kota tersebut yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Tegal, Kabupaten Kudus, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Karanganyar, serta Kota Tegal.
Ditanya soal wilayah mana saja yang rawan terjadinya tindakan yang mengganggu keamanan, Condro mengatakan setiap daerah mempunyai karakteristik persoalan sendiri-sendiri. “Seperti di Kota Tegal, ada isu cantrang nanti muncul menjadi gangguan kamtibmas. Beberapa daerah memang sudah kami petakan persoalan-persoalan seperti itu dan sudah kami antisipasi,” pungkas Condro.
Sementara itu, dalam Gelar Pasukan Operasi Mantab Praja 2018 pihak Polda Jawa Tengah juga mulai mengerahkan Satgas Anti Kampanye Hitam. Satgas tersebut bertugas melakukan pengawasan terhadap tindakan-tindakan yang mengganggu keamanan melalui dunia cyber selama pelaksanaan kampanye hingga pilkada 2018. (fen)