iklan
Home > HEADLINE > Basarnas Siaga di Empat Titik Pantura

Basarnas Siaga di Empat Titik Pantura

KENDAL – Badan Sar Nasional (Basarnas) akan menempatkan personilnya di empat titik sepanjang pantura. Empat titik tersebut yakni di exit Gringsing, Exit Brebes Timur, Kilometer  164 dan kilometer 102. Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Muda Muhammad Syaugi saat menyaksikan simulasi penanganan korban macet tol di Gringsing Senin (19/06) siang mengatakan, Basarnas siap membantu polisi dan dinas perhubungan mengamankan arus mudik dan balik 2017.

“Kita siapkan 2000 personil seluruh Indonesia, yang menjadi perhatian ada di empat titik yakni Gringsing, Brebes dan kilometer 164 serta kilometer 102. Helikopter kita siapkan enam di Semarang, Surabaya, Jakarta dan Bali,” katanya.

Dijelaskan, selain helikopter Basarnas juga menyiapkan truk rescue dan motor trail serta kapal di pelabuhan. “Penempatan anggota Basarnas di sejumlah titik ini untuk mengantisipasi kejadian seperti tahun lalu di Brebes exit. Nantinya tim Basarnas akan siap H-10 hingga H+10,” imbuhnya.

Sementara dalam simulasi penanganan korbanmacet tol,  sejumlah pemudik terjebak kemacetan di pintu keluar tol Gringsing Batang mulai kelelahan dan meminta bantuan di pos Gringsing. Dengan menggunakan motor trail anggota SAR menembus kemacetan panjang dan bisa mendekati pemudik yang meminta bantuan untuk evakuasi.

Satu persatu pemudik dinaikan ke motor trail dan dibawa ke pos kesehatan terdekat. Sementara korban yang menderita sakit keras terpaksa harus dievakuasi melalui jalur udara. Korban dinaikan ke tandu khusus dan anggota basarnas lainnya memasang asap untuk menandai helikopter mendarat.

Helikopter jenis dolphin basarnas yang stand by di pos exit Gringsing kemudian mengevakuasi korban sakit melalui jalan udara. Korban lainnya juga ikut diangkut dengan helikopter untuk mendapatkan pertolongan darurat. (MJ-01)

Ini Menarik!

Polisi Gagalkan Niat Sukartono Jual Miras Pas Takbir Keliling

Share this on WhatsApp​ DEMAK – Sukartono, warga Kampung Krapyak, Bintoro Kabupaten Demak memang bejat. …

Silakan Berkomentar