iklan
Home > HEADLINE > Basarnas Siapkan Helikopter di Exit Tol Gringsing

Basarnas Siapkan Helikopter di Exit Tol Gringsing

KENDAL – Antisipasi evakuasi pemudik yang terjebak macet di jalan tol,  Basarnas Jawa Tengah mensiagakan personilnya di beberapa lokasi.  Basarnas Jateng menyiapkan berbagai peralatan dan keselamatan termasuk menyiapkan helikopter untuk evakuasi.

Kepala Basarnas Jawa Tengah, Agus Haryono mengatakan seluruh sumber daya baik manusia maupun peralatan sengaja disiagakan demi keamanan, keselamatan dan kenyamanan masyarakat yang akan melakukan tradisi mudik jelang lebaran tersebut.

“Tidak ada libur bagi kami, kami siap 24 jam dalam upaya memberikan pelayanan jasa SAR kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik maupun balik yang melalui wilayah Jawa Tengah,” kata Agus saat simulasi penyelamatan dengan helikopter Kamis (15/06) siang di exit Gringsing Batang.

Agus mengungkapkan, untuk mempermudah dan mempercepat proses evakuasi jika terjadi sesuatu hal yang  tidak diinginkan, Basarnas Jawa Tengah telah mensiagakan 1 buah helikopter jenis Dauphin di exit tol Gringsing.

“Untuk mempercepat penanganan dan mempermudah proses evakuasi, kami telah siagakan satu unit pesawat helicopter jenis Dauphin di exit tol Gringsing ini. Harapan kami, kenyamanan, keamanan serta keselamatan dapat dirasakan oleh masyarakat,” bebernya.
Ia menambahkan, selain siaga 24 jam, pihaknya juga mendirikan Posko Siaga SAR di Brexit Brebes Timur Exit Tol, Gringsing exit Tol, Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Solo, Jepara dan Cilacap. Tak hanya itu, petugas juga melakukan patroli disepanjang jalur yang dilalui pemudik.
“Seluruh personil siap siaga di posko dan melakukan patroli disepanjang jalur yang dilalui pemudik untuk mengantisipasi bila terjadi musibah yang tidak diinginkan. Bagi masyarakat yang ingin membutuhkan pelayanan operasi SAR dapat menghubungi Basarnas Jateng di layanan gatewaydi nomor (024) 115 atau (024) 7629192ext. 0,” pungkasnya.

Sementara itu, Sumargiyanto (46) salah seorang warga Gringsing mengaku penasaran dan senang bisa melihat secara langsung aksi simulasi penyelamatan yang dilakukan petugas Basarnas di Gringsing Exit Tol menghadapi arus mudik ini.

“Senang sekali bisa melihat simulasi ini. Sebab, saya baru kali pertama melihat secara langsung petugas melakukan simulasi penyelamatan dengan menggunakan helikopter. Semoga arus mudik tahun ini aman, nyaman dan lancar,” ujarnya disela-sela melihat latihan. (MJ-01)

Ini Menarik!

Polisi Gagalkan Niat Sukartono Jual Miras Pas Takbir Keliling

Share this on WhatsApp​ DEMAK – Sukartono, warga Kampung Krapyak, Bintoro Kabupaten Demak memang bejat. …

Silakan Berkomentar