iklan
Home > JATENG RAYA > Makanan Mengandung Rhodamin Dijual Bebas di Pasar Kendal

Makanan Mengandung Rhodamin Dijual Bebas di Pasar Kendal

KENDAL – Makanan yang menggunakan bahan pewarna tekstil atau rhodamin masih dijual bebas di pasar tradisional di Kendal. Dalam sidak yang dilakukan Bupati Kendal, Selasa (13/06) siang makanan beperwarna ini kiriman dari luar. Temuan bahan makanan mengandung pewarna jenis rhodamin ini ketika dilakukan tes oleh Dinas Kesehatan Kendal.

Bupati Kendal Mirna Annisa saat sidak di pasar Kota Kendal dan Pasar Weleri  masih menemukan makanan yang menggunakan bahan pewarna tekstil. Bupati mengakui jika makanan tersebut masih dijual bebas namun berasal bukan dari wilayah Kendal.

Makanan tersebut biasanya dikirim dari perajin dari luar wilayah dan masuk ke pasar untuk dijual secara bebas. Bupati sendiri akan memperintahkan Dinas Kesehatan untuk melakukan pengawasan dan mengecek kadar bahan pewarna makanan.

Jika nantinya ditemukan pewarna makanan yang berbahaya, maka makanan tersebut akan ditarik dan dilarang beredar karena bisa menganggu kesehatan. Sedangkan untuk harga sembako menjelang lebaran bupati belum menemukan kenaikan harga yang tinggi.

“Tadi di Pasar Kendal tidak ditemukan makanan yang mengandung bahan pewarna tekstil. Namun di Pasar Cepiring dan Weleri masih ada makanan yang mengandung rhodamin. Ini jelas berbahaya dan saya minta dinas melakukan pengawasan ketat,” jelasnya.

Temuan makanan mengandung pewarna jenis rhodamin ini diketahui setelah Dinas Kesehatan Kendal melakukan tes. Sampel makanan yang diduga mengandung bahan pewarna dilarutkan dengan cairan kimia. Hasilnya sejumlah makanan seperti agar-agar dan sirup positif mengandung pewarna tekstil. Sementara kerupuk dan makanan kering tidak ditemukan bahan pewarna setelah dilakukan tes.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan, M Syukron mengatakan sejauh ini harga kebutuhan bahan pokok masih relatif stabil. “Harga sembako sudah stabil tidak ada kenaikan yang tinggi,” ujarnya.

Sidak  dilakukan bupati ini didampingi Dinas Perdagangan dan Dinas Kesehatan ini untuk memantau harga sembako menjelang lebaran. Dari hasil sidak harga sejumlah bahan pokok baik sayuran maupun daging sapi masih normal belum ada kenaikan yang tinggi. (MJ-01)

Ini Menarik!

Polisi Gagalkan Niat Sukartono Jual Miras Pas Takbir Keliling

Share this on WhatsApp​ DEMAK – Sukartono, warga Kampung Krapyak, Bintoro Kabupaten Demak memang bejat. …

Silakan Berkomentar