iklan
Home > JATENG RAYA > EKONOMI BISNIS > Harga Cabai Mahal, Bakul Bibit Cabai Malah Kelarisan

Harga Cabai Mahal, Bakul Bibit Cabai Malah Kelarisan

Penjual bibit tengah menyirami bibit cabai.

DEMAK – Kenaikan harga cabai yang sangat tinggi tidak selamanya berdampak negatif di masyarakat. Terbukti, para petani bibit tanaman cabai di Kabupaten Demak justru ketiban berkah.

Hampir tiap hari, sejak terjadi kenaikan harga, banyak pembeli ecer yang berdatangan. Bahkan omzet penjualan bibit naik hingga 50  persen. Mereka bermaksud menanam di pekarangan atau pot untuk dikonsumsi sendiri.

Diah Pratiwi, seorang petani bibit tanaman cabai di Desa Kedungori Kecamatan Dempet mengatakan bahwa peningkatan penjualan bibit tanaman cabai mencapai 50 persen sejak harga cabai di pasaran meroket.

“Kalau biasanya yang membeli bibit itu dari kalangan petani, kali ini justru dari rumahan. Meski jumlah pembelian sedikit, atau mengecer tapi banyak pembeli,” katanya Rabu (11/1/2017)

Harga bibit tanaman cabai, dikatakannya, Rp300 per batang. Sehingga, para pembeli biasanya membeli sekitar Rp5000 sampai Rp10.000. Sebab, bibit tanaman tersebut di tanam di ladang terbatas, bahkan sebagain besar di pot. Di Desa Kedungori ada sekitar 17 warga secara perseorangan atau kelomok tani yang membuka usaha pembibitan cabai. Selain bibit tanaman cabai, juga dijual sejumlah bibit sayur mayur lainya, seperti terong, bawang, hingga pepaya.

“Banyak juga yang mengambil bibit dari sini, seperti orang Kudus, Pati, dan Purwodadi,” ungkapnya.

Solikin,42, warga Kecamatan Karanganyar mengaku membeli bibit tanaman cabai karena harga cabai sudah naik tidak ketulungan.

“Saya disuruh istri untuk beli bibit saja, nanti biar ditanam di pekarangan. Dari pada beli cabai yang mahalnya minta ampun,” tandasnya.(MJ-23)

Ini Menarik!

Bikin Haru, Polisi Ini Nyambi Jadi Bakul Nasi Goreng Demi Wujudkan Cita-cita Anaknya

Share this on WhatsApp​ BIAYA hidup di kota metropolitan memang tak murah. Banyak orang banting …

Silakan Berkomentar