iklan
Home > JATENG RAYA > Sembilan Parpol Dapat Suntikan Dana dari Pemkot Magelang

Sembilan Parpol Dapat Suntikan Dana dari Pemkot Magelang


MAGELANG – Dana sebesar Rp 560.702.300,00 digelontorkan untuk 9 parpol yang ada di Kota Magelang. Parpol terbesar penerima bantuan adalah PDI-P sebesar Rp156.130.000,00. Satu bulan setelah menerima bantuan ini, para penerima harus mempertanggungjawabkan dalam bentuk SPJ. Surat Pertanggungjawaban ini nantinya akan di evaluasi oleh Badan Pemeriksa keuangan. 

    Dari 9 parpol yang seharusnya mendapat bantuan, ada 2 parpol yang belum bisa menerima, karena masih ada permasalahan di intern partai. Dua parpol itu adalah PAN dan Nasdem.

    Kepala badan kesbangpolinmas Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko usai penyerahan bantuan di lantai 2 Pemkot Magelang, Senin (19/9) mengemukakan, Nasdem belum menerima bantuan karena berganti kepengurusan setelah proposal diajukan. Sedangkan bantuan PAN masih dipending karena belum mengajukan proposal.

    Sementara 7 parpol yang telah menerima bantuan masing-masing PDI P, kemudian Golkar sebesar Rp 81.126.200, berikutnya Demokrat Rp 60.108.100, PKB Rp 56.021.000, Hanura Rp 52.861.300, PKS Rp50.079.00, dan Gerindra Rp 34.149.300. 

    “Jadi untuk sementara yang digelontorkan baru Rp 490.475.000,00untuk 7 parpol,” terang Eri.

    Ia menambahkan, sebesar 60 persen dana bantuan tersebut memang harus dipergunakan untuk pendidikan politik. Adapun 40 persen untuk operasional. Tujuan bantuan ini untuk mendewasakan politik kita. Masyarakat masih perlu untuk terus diberi pendidikan politik, terutama untuk meningkatkan aspirasi dan partisipasi dalam Pemilu.

    Sebelum partai politik menerima bantuan ini, terang Eri,  terlebih dahulu mengajukan proposal dan dilakukan verifikasi oleh tim. Dari sembilan partai, hanya delapan yang mengajukan proposal. Kemudian setelah diverifikasi hanya tujuh yang lolos.

    Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito meminta para pengurus partai politik agar menggunakan dana bantuan pemerintah ini sesuai dengan yang digariskan. Di antaranya untuk pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat secara luas.

    Bantuan ini diberikan supaya partai bisa lebih dewasa dan memajukan demokrasi bangsa. “Kalau demokrasi maju, berarti rakyat cerdas. Beri masyarakat pendidikan politik yang baik, terutama untuk kemajuan kota,” ujarnya usai acara penyerahan bantuan di Aula Lantai 2 Setda Kota Magelang. (MJ-24

Ini Menarik!

Bikin Haru, Polisi Ini Nyambi Jadi Bakul Nasi Goreng Demi Wujudkan Cita-cita Anaknya

Share this on WhatsApp​ BIAYA hidup di kota metropolitan memang tak murah. Banyak orang banting …

Silakan Berkomentar