Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > 2016, Angkutan Umum di Kendal Diremajakan

2016, Angkutan Umum di Kendal Diremajakan

KENDAL – Kondisi angkutan umum baik kota maupun desa yang beroperasi di Kendal sudah berusia tua dan memperihatinkan. Pemerintah Kabupaten Kendal berencana akan melakukan peremajaan angkutan transportasi di kabupaten ini.

“Ya, memang ada rencana untuk peremajaan, karena kondisi angkutan sudah tua dan memprihatinkan,” ujar Bupati Kendal Widya Kandi Susanti saat Kunjungan Tim Penilai Wahana Tata Nugraha dari Dirjen Perhubungan Darat di Kabupaten Kendal, Jumat (08/5).

Rencana peremajaan transportasi tersebut sudah dianggarkan dalam Anggaran Perubahan 2015. Namun, anggaran tersebut baru untuk master plan dan Detail Engineering Design (DED). Ditargetkan, transportasi di Kabupaten Kendal menjadi lebih baik di tahun 2016 mendatang.

“Sehingga kebutuhan peremajaan transportasi dapat dipenuhi di 2016,” lanjutnya.

Widya juga menyinggung soal kendaraan berplat hitam yang digunakan sebagai transportasi umum, seperti di Kaliwungu. Menurutnya, hal itu perlu segera ditindaklanjuti dan dicari solusinya.

“Seharusnya plat hitam tidak boleh dioperasikan menjadi transportasi umum. Kami sudah melakukan sosialisasi lewat Dishub, tapi hasilnya masih ada transportasi itu. Kami akan segera mencari solusi, supaya langkah pemerintah juga tidak merugikan masyarakat,” paparnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah membuat  Perda No 7 tahun 2012 tentang lalu lintas dan penyeberangan.
“Kami akan terus menata supaya transportasi di Kendal menjadi baik, aman dan nyaman,” jelas dia.

Sementara Ketua Tim Wahana Tata Nugraha Jateng 1 Dirjen Perhubungan Darat, Karlo Manik mengatakan, ada sekitar 23 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang masuk penilaian Wahana Tata Nugraha.

Tahapan yang harus dilalui meliputi administrasi di masing-masing provinsi. Dilanjutkan tahap dua, yakni cek kondisi di lapangan. Kemudian tahap ketiga, paparan di hadapan semua stakeholder.

“Ini sudah memasuki tahap ketiga sebagai akhir dari penilaian untuk mendapatkan penghargaan ini,” tandasnya. (MJ-01)

Ini Menarik!

Mobil Perancis dan Tiongkok Penetrasi Pasar Jateng

Share this on WhatsApp   SEMARANG – Selama ini mobil buatan Jepang terkenal merajai jalanan …

Silakan Berkomentar