Home > HEADLINE > 16 Truk Terjebak Lahar Merapi di Magelang

16 Truk Terjebak Lahar Merapi di Magelang

Banjir lahar dingin Gunung Merapi mengakibatkan belasan truk terjebak di aliran sungai. Foto Metrojateng
Banjir lahar dingin Gunung Merapi mengakibatkan belasan truk terjebak di aliran sungai. Foto Metrojateng

MUNGKID — Hujan yang terjadi selama beberapa jam di lereng Gunung Merapi memicu banjir lahar dingin, Kamis (11/12) siang tadi. Banjir itu menyeret sebuah truk dan membuat 16 truk lainnya terjebak di tengah sungai.

Truk yang terseret dikemudikan Daryanto (52) warga Boyolali. Saat itu, dia sedang mengambil pasir di Kali Juweh Dusun Windusabrang Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan. “Terseret sekitar 200 meter,” kata Sukimin, salah satu saksi mata.

Sukimin mengatakan banjir lahar hujan tersebut cukup besar dengan ketinggian satu meter dan lebar sekitar 50 meter. Banjir lahar hujan ini diawali hujan deras di kawasan lereng barat Gunung Merapi mulai sekitar pukul 13.00 WIB.

“Sebenarnya sudah memeringatkan agar truk untuk tidak masuk ke sungai namun sopir tetap nekat. Padahal kawasan puncak Merapi hujan deras,” kata Sukimin.

Relawan Empat Sekawan Suroto alias Cantrik mengatakan, selain sebuah truk yang terseret, ada enam armada lain yang sempat terjebak banjir di alur Kali Pabelan atas. Serta 10 truk lainnya di alur Kali Apu.

“16 truk tersebut terjebak karena jalan yang akan dilalui putus setelah diterjang banjir lahar hujan,” kata dia. (MJ-14)

Ini Menarik!

Kenang Tragedi Jatuhnya Heli Dauphin, Basarnas Bangun Monumen di Gunung Butak

Share this on WhatsApp TEMANGGUNG – Sebuah monumen dibangun di kaki Gunung Butak, Desa Canggal, …

Silakan Berkomentar