149 Bencana Melanda Demak Sepanjang 2017

DEMAK – Sedikitnya telah terjadi 149 bencana di Kabupaten Demak sepanjang tahun 2017. Bencana tersebut mengakibatkan korban jiwa dan rumah rusak. Data dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Demak, bencana kebakaran merupakan paling banyak terjadi yakni 51 kasus, disusul kekeringan 35 kasus, angin puting beliung 33 kasus, banjir 14 kasus, kecelakaan air 12 kasus dan tersambar petir 4 kasus.
Dari kasus bencana alam tersebut mengakibatkan 2.247 rumah rusak, 58.679 korban menderita, 184 mengungsi dan merenggut 14 korban jiwa. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak, Agus Nugroho menuturkan bahwa bencana kebakaran memang paling tinggi di antara yang lain. Hal ini disebabkan musim kemarau tahun lalu cukup panjang.
Selain itu, cuaca panas mengakibatkan mudahnya api menyambar. Terutama rumah warga yang mayoritas terdiri dari papan kayu. Selain rumah, lahan perkebunan juga rawan kebakaran, karena semak dan pohob yanh kering.
“Banyak rumah di Demak yang dominan dari kayu, sehingga mudah terbakar. Saat musim kemarau, kami sudah sosialisasi berkait dengan pencegahan dan penindakan terhadap bencana kebakaran,” ujarnya, Selasa (16/1).
Tahun 2018, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi berkait pencegahan dan penindakan bencana alam. Selain itu, juga berkoordinasi dengan pihak berkait seperti TNI, Polri, Damkar, dan PMI setempat. “Memasuki awal tahun 2018 datang musim hujan. Jadi, diharapkan warga juga mampu mencegah banjir dengan kesadaran tidak membuang sampah sembarangan,” pungkas dia. (MJ-23)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.