Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > 145 Kotak Suara di Boyolali Kembali Dibongkar

145 Kotak Suara di Boyolali Kembali Dibongkar


Notice: Array to string conversion in /home/metg6994/public_html/wp-content/plugins/jetpack/modules/carousel/jetpack-carousel.php on line 425
Petugas KPU Boyolali membngkar kotak suara sebagai alat bukti gugatan Praboso. Foto Metro
Petugas KPU Boyolali membngkar kotak suara sebagai alat bukti gugatan Praboso. Foto Metro

BOYOLALI – KPU Boyolali kembali membuka 145 kotak suara Kamis (14/8/2014), untuk melengkapi alat bukti menghadapi gugatan PHPU dari pasangan Capres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Mahkamah Konstitusi (MK). Pembukaan kotak suara kali ini untuk mengambil formulis A5 dan C7. Sebelumnya, KPU Boyolali telah membuka 132 kotak suara.

Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto Harjono, mengatakan pembukaan kotak suara itu untuk melengkapialat bukti yang diminta oleh MK. “Ada 145 kotak suara yang kami buka, ini untuk melengkapi alat bukti yang diminta MK,” kata Siswadi.

Alat bukti yang diambil, jelas dia, yaitu formulir A5 (formulir pemilih yang mencoblos diluar domisilinya) dan formulir C7 (daftar hadir pemilih di TPS). Menurut dia, dalam pelaksanaan Pemilu Presiden 9 Juli 2014 lalu di Boyolali, jumlah pemilih yang menggunakan KTP ada sebanyak 2.958 orang tersebar di 132 TPS. Sedangkan yang mencoblos menggunakan form A5 sebanyak 400 pemilih di 145 TPS.

Sebanyak 145 kotak suara yang dibuka kali ini berasal dari 145 TPS di 11 kecamatan. Dikemukakan Wahyu, pengumpulan alat bukti tersebut bukan berarti berbagai formulir daftar pemilih tersebut bermasalah. Tapi untuk membuktikan bahwa DPKTb dan DPTb tersebut ada.

Meski diakuinya, ada kesalahan teknis berupa komponen penulisan dan pengisian dalam formulir daftar pemilih di tingkat TPS oleh KPPS. Namun sebenarnya itu telah berhasil diselesaikan dalam rekap di tingkat PPS.

“Memang masih ada kesalahan pengisian formulir oleh anggota KPPS, karena kemampuannya kan bervariasi, ada yang paham cara pengisiannya, ada yang tidak,” katanya. (MJ-07)

Ini Menarik!

Sabar, PDIP Umumkan Cagub Jateng Setelah 11 November

Share this on WhatsAppSEMARANG – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengisyaratkan bakal mengumumkan nama calon …

Silakan Berkomentar