14 Mahasiswa Bule Belajar Membatik di UNS

SOLO – Untuk mengenalkan lebih jauh tentang warisan kebudayaan Indonesia pada masyarakat global, Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan program kursus singkat (short course) Inherit (Indonesian Heritage) 2018 bekerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Peserta short course Inherit 2018 belajar membuat batik di Fakultas Seni Rupa dan Budaya UNS, Senin (9/7). Foto: metrojateng.com

Program yang digelar pertamanya kalinya ini berlangsung selama dua minggu. Program tersebut diikuti 14 mahasiswa yang berasal dari Jepang, Amerika Serikat, Tanzania, Peru, Madagaskar, China, Syria, Nigeria, Turkmenistan, Thailand, dan Timor Leste. Kegiatan dilakukan di kampus Unair dan UNS secara bergantian.

Kepala UPT Layanan Internasional UNS, Taufik Al Makmun mengatakan, melalui short course ini, peserta memperoleh kredit setara dengan 4 SKS. Diharapkan, para peserta akan lebih mengenal kekayaan ilmu pengetahuan, nilai-nilai, dan budaya lokal Indonesia secara mendalam dan mengenalkannya pada dunia internasional.

“Di Unair untuk belajar herbal and traditional medicine dan satu minggu di UNS untuk belajar pengetahuan, nilai-nilai lokal dan praktik pembuatan batik,” jelasnya saat ditemui di UNS, Senin (9/7).

Salah seorang peserta asal Peru, Fiorella Geraldine mengaku senang bisa mengenal dan belajar budaya Jawa khususnya batik. “Ya saya senang dan saya sangat semangat untuk mempelajarinya terutama ketelitian dalam membuat kain batik,” ujarnya.

Di Solo, peserta belajar membuat batik dengan teknik cap dan tulis di Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS. Untuk melihat keberagaman motif dan teknik batik di Solo, peserta melihat koleksi batik di Museum Batik Danarhadi dan produsen batik abstrak Pandono di Laweyan.

Selain itu mereka juga menginap selama satu hari di desa Pilang, Sragen, untuk menilik batik yang sangat tradisional. Di akhir kegiatan, batik-batik karya para peserta ditampilkan dalam mini-exhibition dan peserta menceritakan proses pembuatan dan makna filosofis yang ingin mereka sampaikan dalam karya mereka. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

95 − 93 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.