Beranda JATENG RAYA 14 Hari Operasi Zebra, Siapkan Kelengkapan Sekarang

14 Hari Operasi Zebra, Siapkan Kelengkapan Sekarang

2
0
Pemeriksaan kendaraan dan pasukan di Mapolres Kendal, sebagai persiapan Operasi Zebra 2017. (foto: metrojateng.com/ Edi Prayitno)

KENDAL – Empat belas hari kedepan jajaran Polres Kendal akan melaksanakan Operasi Zebra 2017. Bagi pengendara sepeda motor dan roda empat mulai lengkapi surat kendaraan agar tidak dikenakan tilang. Tidak hanya surat kendaraan saja, operasi yang mulai digelar hari ini (Rabu, 1/10) juga menyasar kelengkapan kendaraan dan kelengkapan berkendara.

Rabu pagi, Polres Kendal telah melakukan pengecekan armada dan persiapan anggota yang akan diterjunkan dalam operasi zebra 2017.  Ditandai dengan apel pasukan pagi di halaman Mapolres Kendal.

Kapolres Kendal AKBP Adi Wijaya mengatakan, pengecekan kendaraan dan pasukan tersebut dilakukan sebagai langkah untuk memberi contoh kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas. “Jika jajaran polisi sudah tertib maka akan lebih mudah memberikan arahan kepada masyarakat untuk ikut tertib berlalu lintas. Kelengkapan surat juga menjadi perhatian karena sebagai penegak hukum harus memberi contoh,” jelasnya.

Operasi yang di lakukan secara serentak seluruh Indonesia menyasar masyarakat pelanggar lalu lintas yang berpotensi mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas . “Antara lain pelanggaran melawan arus lalu lintas, pelanggaran rambu lalu lintas dan pelanggaran batas kecepatan,” imbuhnya. Rencananya, polisi juga akan melakukan sosialisasi ke pelajar agar lebih tertib berlalu lintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kendal AKP Edi Sutrisno menambahkan, pada operasi zebra candi 2016, terjadi sembilan kasus kecelakaan dengan nihil korban tewas, satu luka berat, dan 13 luka ringan. ‘’Kerugian materi akibat kecelakaan tersebut Rp 3,8 juta,’’ terangnya.

Peningkatan disiplin berlalu lintas di jalan raya diharapkan bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan. Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur berharap dengan operasi zebra ini masyarakat kendal bisa lebih tertib berlalu lintas. “Harapannya warga Kendal lebih tertib dalam berlalu lintas,” katanya singkat. (MJ-01)