Beranda JATENG RAYA METRO SOLO 1.211 Keris dan Tombak Sitaan Kemendikbud Diserahkan ke Museum Keris

1.211 Keris dan Tombak Sitaan Kemendikbud Diserahkan ke Museum Keris

46
0
BERBAGI
museum keris solo
Petugas sedang menempatkan keris dari Kemendikbud ke ruang transit Museum Keris Nusantara. (foto: metrojateng.com/MJ-25)

 

SOLO – Mesum Keris Nusantara menerima hibah keris dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Sebanyak 1.211 keris dikirim melalui jalur darat pada Selasa (13/3), dari Jakarta ke Solo.

“Kiriman keris datang jam 5.30 WIB, ada enam peti kayu dan dua box plastik. Langsung kita taruh ke ruang transit,” ujar Kepala UPT Museum, Bambang M.B.S saat ditemui di kantornya, Rabu (14/3).

Pembukaan peti kayu tersebut, menurut Bambang, masih menunggu dari acara serah terima yang disaksikan langsung oleh Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB), Kepolisian dan Pemerintah Kota ( Pemkot) Surakarta. Ribuan keris tersebut, berasal dari abad 12 hingga 18, mulai dari Jaman Majapahit, Jaman Padjajaran, Jaman Tuban, Jaman Mataram, Jaman Madura.

“Jadi 1.211 keris yang dikirim itu terdiri dari keris benda cagar budaya, non cagar budaya, dan benda baru. Isinya ada keris dan tombak,” imbuh Bambang.

Ribuan keris yang merupakan hasil sitaan Kemendikbud tersebut diserahkan secara langsung oleh Dirjen Kebudayaan kepada Walikota Solo, di Jakarta, Selasa (13/3). Keris tersebut nantinya akan di display secara bergantian di Museum Keris Nusantara. Saat ini, koleksi Museum Keris ada 385 benda koleksi, yang terdiri dari keris dan tombak. (MJ-25)