Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > ‎Seluruh Penambang Merapi akan Disetop

‎Seluruh Penambang Merapi akan Disetop

image
Penambangan liar di lereng Merapi akan ditertibkan mulai 1 September. Foto Metrojateng/MJ-07

MUNGKID– Seluruh penambangan pasir yang berhulu di Gunung Merapi Kabupaten Magelang mulai besok akan ditertibkan oleh Satpol PP. Penertiban dilakukan karena penambangan itu tak mengantongi izin.

Kepala Satpol PP Kabupaten Magelang, Sudjarno mengatakan pihaknya telah memberikan surat kepada seluruh pelaku penambangan di wilayahnya.

“Surat edaran terkait penutupan penambangan liar yang tidak berijin baik manual maupaun alat berat sudah kita keluarkan. Kita akan mulai menertibkan penambangan per tanggal 1 September besok,” kata Sudjarno.

Dia menjelaskan, dasar penertiban yang dilakukan adalah Perbup nomor 1 tahun 2011 pasal 5 ayat 2, tentang pengusahaan bahan galian akibat letusan gunung Merapi tahun 2010.

Adapun tim terpadu yang akan dilibatkan dalam penertiban terdiri dari Satpol PP, Polres Magelang, Kodim 0705/Magelang, Dinas Perhubungan, dan Muspika setempat. Terdapat sedikitnya 216 personel yang akan dikerahkan dan terbagi dalam beberapa titik sesuai lokasi penambangan yang ada.
       
“Beberapa lokasi penambangan yang akan kita tertibkan antara lain di Mungkid, Sawangan, Dukun, Muntilan, Srumbung, Salam, dan Ngluwar. Tim akan kita bagi dalam dua shift, yakni shift pagi pukul 07.00-20.00 WIB dan pukul 20.00-07.00 WIB,” urai Sudjarno.
     
Dalam penertiban kali ini, lanjutnya, tidak ada tawar menawar atau keringanan bagi para penambang. Petugas akan langsung mengeksekusi dan menghentikan kegiatan penambangan yang tertangkap tengah beroperasi.
     
“Secara teknis, kita akan langsung mendatangi lokasi penambangan dan menghentikan aktivitas yang masih ada. Kita tindak tegas, tidak ada pembinaan atau keringanan” tandas Sudjarno. (MJ-14)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar